Home / HEADLINE / Gelar Aksi Damai, Ratusan Driver Online Minta Pemerintah Berikan Rasa Aman

Gelar Aksi Damai, Ratusan Driver Online Minta Pemerintah Berikan Rasa Aman

MEDAN, LiputanMedan |Ratusan pengemudi yang tergabung dalam Asosiasi Driver Online (ADO) ‎Sumatera Utara menggelar aksi unjuk rasa damai di Medan, Senin (18/12/2017).

Dalam aksinya, puluhan pengemudi ADO menggelar konvoi disejumlah titik yang aksi itu mulai dari lapangan Merdeka Medan menuju Kantor Gubernur Sumut, ‎Kantor Dinas Pehubungan Sumut dan Dinas Komunikasi dan Informatika‎ Sumut.

Pandapotan Sinabutar selaku kordinator aksi menyampaikan ada beberapa hal yang menjadi aspirasi driver online untuk disampaikan kepada pemerintah.

“Diantaranya, yakni Permen 108 tahun 2017‎ tentang uji KIR, peningkatan SIM A Umum, dan badan usaha kami di daerah merasa banyak kejanggalan di lapangan, dimana dalam proses pendaftaran ke badan hukum kami diminta biaya pendaftaran yang sangat tinggi,” kata Pandapotan Sinabutar.

Baca Juga:  Sedang Asyik 'Berselancar' di Dunia Maya', 23 Pelajar Terjaring Razia

Kemudian menurutnya, masih adanya intimidasi terhadap pengemudi online baik roda dua maupun roda empat, yang dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak suka dengan transportasi online.

“Masih ada zona larangan pick up penumpang, seperti di bandara, sehingga memberikan rasa tidak aman dan nyaman kepada pengemudi,” sambungnya.

Belum lagi, tindakan perusahaan online yang dinilai sewenang-wenang terhadap driver online.

“Kami diperlakukan seperti karyawan bukan mitra,” jelasnya.

Menurutnya, ‎selama ini acapkali para driver online telah bekerja keras mencari nafkah dengan memberikan pelayan dan rasa nyaman dan murah bagi masyarakat pengguna jasa

Baca Juga:  Bawa 3 Butir Pil Ekstasi di Hotel Soechi Internasional, Pria ini Ditangkap Petugas Polsek Medan Baru

“Namun di Banyak peristiwa driver online sering mendapatkan perlakuan yang tidak adil dengan menerima sanksi suspend dan pelanggaran kode etik oleh pengusaha aplikasi,” kata Pandapotan.

Oleh karena itu, ADO menggelar aksi menuntut Pemerintah dan Penegak Hukum memberikan rasa ‎aman dan nyaman kepada pengemudi online.

“Aksi ini juga serentak dilakukan di seluruh Indonesia,”pungkasnya. (LM-01).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *